Sabtu, 12 April 2014

Ruwatan Agung - 8 Maret 2004

Diposting oleh Risa Puspitarini Sabandi di 18.34

KLATEN- Ratusan paranormal dan sesepuh kota Klaten akan menggelar acara bertajuk ''Ruwatan Ageng Klaten Tahun 2004'' di Jalan By Pass Selatan tepatnya di depan Rumah Makan Datuk Bareno, Klaten, Senin (8/3) malam nanti. Acara tersebut sengaja digelar untuk mendoakan agar Pemilu 2004 di Kabupaten Klaten sukses.

Malam itu para paranormal akan mengenakan busana Jawa lengkap dan melaksanakan prosesi ruwatan yang dipimpin dalang Ki Kesdik Kesdo Lamono. Selanjutnya, akan digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Pendawa Sesaji oleh dalang Ki Joko dari Somokaton.

''Dalam acara ruwatan nanti akan dilakukan pasrah sarono ritual ruwatan, kemudian penyerahan wayang secara simbolis oleh Bupati Klaten kepada kedua dalang. Selanjutnya ruwatan akan dipimpin Ki Kesdik, dilanjutkan Ki Joko,'' kata Ketua Panitia Ruwatan Ageng, Hadi Tarmanto alias Manthuk didampingi Sekretaris panitia Sukirno Hadi kepada wartawan, Sabtu lalu (6/3).

Setelah waktu menunjukkan pukul 24.00, uba rampe ruwatan yakni sesaji dan kepala kerbau akan dilarung (ditanam) di lereng Merapi, tepatnya di sebuah pekarangan di Desa Bumiharjo, Kecamatan Kemalang. Pemilihan tempat di Bumiharjo dilakukan berdasar petunjuk yang diterima para paranormal saat nglakoni ritual khusus sebelumnya.

''Pemilihan tempat itu berdasarkan petunjuk yang diterima paranormal, sehingga saya kurang paham kenapa petunjuk untuk melarung kepala kerbau jatuh di sana,'' kata Hadi Tarmanto. Namun, dia tak menjelaskan secara rinci makna menanam kepala kerbau di pekarangan itu.

Sesaji akan dibawa ke lereng Merapi dengan kendaraan, kemudian dibawa menuju tempat pelarungan dengan iring-iringan 20 pasang putri domas, pada tengah malam. Nanti di Bumiharjo sudah ada paranormal yang menyambut untuk melaksanakan upacara pelarungan di sana.

Sementara itu, acara di Jalan By Pass akan tetap berlangsung dan dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk. Masyarakat luas diberi kesempatan untuk datang dan menyaksikan pertunjukkan wayang.

500 Paranormal

Menurut Manthuk, panitia mengundang 500 paranormal, Muspida, tokoh masyarakat, KPU, Panwas Pemilu, Forum kades dan lurah se-Klaten, Forum Komunikasi Lintas Parpol peseta Pemilu 2004, Forum Komunikasi Lintas Agama, LSM, camat, dan para sesepuh Klaten.

''Dari acara itu diharapkan paranormal mampu menciptakan lingkungan yang positif dan bermanfaat bagi sesama paranormal dan masyarakat luas. Momentum pemilu digunakan untuk mengembangkan pengalaman spiritual sekaligus menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan paranormal,'' kata Hadi Tarmanto.

Dia berharap acara berjalan dengan sukses dan tertib seperti harapan mereka agar Pemilu 2004 berjalan aman dan lancar. Semua itu bertujuan agar Klaten bisa menjadi lebih baik dan masyarakat Klaten lebih sejahtera.

0 komentar:

Posting Komentar

 

The Dark Puspita Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review